oleh

Dengan Alasan Masih Baru, Kades Dusun Baru Kec.Seginim Cairkan Dana Salah Satu Kegiatan Tanpa Bukti Fisik.

TargetHukum Bengkulu Selatan – sangat disayangkan dengan apa yang dilontarkan oleh Kepala Desa Dusun Baru Kecamatan Seginim, yang mana sesuai pengakuan Kades Dusun Baru Kecamatan Seginim Husnaniah yang menyatakan dana kegiatan tersebut sudah dicairkan separoh tanpa bukti pertanggung jawaban fisik.
“memang kami sudah sempat cairkan, ada juga yang bentuk pinjaman, namanya saya masih baru jadi saya kurang paham” terang Husnaniah.
Inspektur Inspektorat Hamdan Sarbaini saat dikonfirmasi menyatakan “realisasi dana desa harus efisien, semuanya aturan sudah jelas realisasi harus dibarengi dengan bukti yang direalisasikan karena itulah yang menjadi bahan pertanggung jawaban pemerintah desa dalam merealisasikan dana desa” jelas Hamdan
Menyikapi hal itu Hotma selaku Ketua LSM Kibar Kabupaten Bengkulu Selatan menyatakan “kepala desa dusun baru tidak bisa buat alasan karena masih baru menjadi kades, aturan penerapan dana desa sudah jelas dan menjadi panduan kades. Setiap akan melakukan pencairan pasti ada pengusulan penarikan untuk apa kegunaannya” terang Hotma.
“Demikian juga seusai pencairan, pemerintah desa mestinya melaporkan kembali realisasi yang sudah dicairkan dan dipertanggung jawabkan dengan bukti fisik realisasi, jadi dengan adanya kades dusun baru buat alasan belum terlalu mengerti akibat masih baru menjadi kades itu bukan jawaban yang tepat selaku pemimpin dalam pemerintahan desa. Kiranya pihak berkompeten dapat melakukan pengawalan yang serius dalam realisasi dana desa di desa dusun baru karena berpotensi adanya kerugian keuangan negara dengan realisasi anggaran yang masih abu-abu (tanpa pertanggung jawaban)” tutup Hotma.
Dengan adanya berita ini diterbitkan kiranya pihak yang berkompeten dapat melakukan pengawalan yang serius dalam perealisasian dana Desa di Desa Dusun Baru Kecamatan Seginim. (JAN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed