oleh

Gelar Musrenbangdes, BPD Darat Sawah Ulu Tampung 16 Usulan Pembangunan

BENGKULU SELATAN, TargetHukum.id — Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Darat Sawah Ulu, Seginim, Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu tampung 16 usulan pembangunan dari masyarakat setempat.

Usulan itu disampaikan dalam forum Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di halaman kantor desa, pada Senin (13/6) pagi.

Ke-16 usulan tersebut adalah :

1. Penggantian keranda jenazah dan pembersihan areal pemakaman umum.
2. Pengadaan tempat mandi jenazah.
3. Mengoptimalkan anggaran Karang Taruna.
4. Pembuatan lapangan futsal.
5. Pembuatan saluran drainase pembuangan.
6. Pembuatan saluran drainase di samping Gedung BUMDes.
7. Pembangunan tembok pelapis tebing.
8. Menaikkan nominal insentif pengurus masjid.
9. Pembuatan MCK.
10. Mengelola atau merelokasi tempat pembuangan limbah di Siwak Nanas.
11. Pembuatan tong sampah.
12. Meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya Balita dan Lansia.
13. Pembuatan bengkel desa.
14. Sosialisasi bahaya Narkoba.
15. Pembuatan sumur resapan air limbah.
16. Memfasilitasi dan mengkoordinir usulan program bedah rumah.

Usai mengagendakan usulan tersebut, Ketua BPD Darat Sawah Ulu, Edwar Tangari mengatakan pihaknya siap menunggu usulan-usulan lainnya dari masyarakat.

“Ini baru berupa usulan dan akan kita kaji bersama pada musyawarah penetapan Rencana Kegiatan Pemerintahan Desa (RKPDes) pada September nanti. Usulan-usulan lainnya silakan disampaikan kepada BPD kapan saja, sebelum musyawarah penetapan,” tuturnya.

Kepala Desa Darat Sawah Ulu, Minarni mengapresiasi atensi BPD dan seluruh masyarakat peserta Musrenbangdes yang terlihat belum jemu menyampaikan usulan demi kemajuan desa mereka.

“Saya perhatikan, usulan yang disampaikan hari ini kebanyakan masih usulan tahun-tahun sebelumnya yang belum terakomodir di APBDes karena alokasi anggaran yang ketat selama pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Minarni berharap, pandemi benar-benar sudah berlalu dan kebijakan penganggaran kembali dilimpahkan kepada desa seutuhnya, sehingga usulan-usulan masyarakat bisa lebih banyak direalisasikan.

Camat Seginim, Mardalena SPd MSi melalui Kasi Pemerintahan Ruslan Abdulgani mengimbau seluruh masyarakat Desa Darat Sawah Ulu, baik yang hadir maupun yang belum berkesempatan hadir dalam Musrenbang itu, memaksimalkan usulan mereka.

Agar tidak ada lagi sektor-sektor tertentu yang terlupakan atau tidak tersentuh pembangunan, meski realisasinya masih harus mengantri dan tidak mesti semuanya di-cover pada tahun depan.

“Mungkin nanti teknisnya akan dibuat perankingan untuk menentukan usulan prioritas. Usulan yang belum ditetapkan bukan berarti tereliminasi, tinggal menunggu giliran saja di tahun-tahun berikutnya,” terang Ruslan.

Kapolres Bengkulu Selatan Polda Bengkulu AKBP Juda Trisno Tampublon SH SIK MH melalui Kapolsek Seginim Iptu Kusyadi SH MSi disampaikan Kanit Binmas Aiptu Sigit menyambut posistif derasnya usulan masyarakat tersebut.

Sigit menegaskan, pihaknya secara langsung maupun melalui Bhabinkamtibmas akan senantiasa mengawal program-program pembangunan di desa, khususnya dalam aspek menjaga Kamtibmas selama program pembangunan dijalankan hingga memberikan nilai manfaat bagi masyarakat.[jn]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed